Kisah Unik dan Menarik dalam Sejarah Indonesia

Kisah Unik dan Menarik dalam Sejarah Indonesia

Sejarahindonesia.web.id – Sejarah Indonesia memang penuh dengan kisah-kisah unik dan menarik untuk diketehui. Artinya, bukan saja kisah-kisah yang heroik dan kepahlawanan, kisah-kisah tragis seperti peristiwa G30S/PKI, kisah-kisah monumental seperti proklamasi kemerdekaan, tetapi banyak kisah lain yang unik bahkan sangat unik untuk diketahui.

Berikut kisah unik dan menarik yang berhasil dirangkum,

Soepono, Menteri Pertama yang Ditembak Belanda

Perjuangan frontal melawan Belanda, ternyata tidak hanya menelan korban rakyat biasa, tetapi juga seorang menteri kabinet RI. Seperti dikutip dari Sejarahri.com, Soepeno, Menteri Pembangunan dan Pemuda dalam Kabinet Hatta, merupakan satu-satunya menteri yang tewas ditembak Belanda.

Ujung revolver dimasukkan ke dalam mulut Soepono dan ditembakkan secara keji oleh seorang tentara Belanda. Pelipis kirinya pun tembus kena peluru.

Kejadian tersebut terjadi pada 24 Februari 1949 pagi di sebuah tempat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Saat itu, Soepeno dan ajudannya sedang mandi disebuah pancuran air terjun.

Perintah Pertama Sokarno Setelah Jadi Presiden, Memanggil Tukang Sate

Perintah pertama Presiden Soekarno saat dipilih sebagai Presiden pertama RI bukanlah membentuk sebuah kabinet atau menandatangani sebuah keputusan, melainkan memanggil tukang sate.

Itu dilakukannya dalam perjalanan pulang setelah terpilih secara aklamasi sebagai presiden. Kebetulan di jalan bertemu seorang tukang sate bertelanjang dada dan nyeker (tidak memakai alas kaki).

“Sate ayam lima puluh tusuk!”, perintah Presiden Soekarno. Setelah sate selesai dibuat, Presiden pun menyantap satenya dengan lahap dekat sebuah selokan yang kotor.

Permintaan itu menjadi perintah pertama presiden kepada rakyatnya, sekaligus pesta pertama atas pengangkatannya sebagai pemimpin dari 70 juta jiwa lebih rakyat di sebuah negara besar yang baru berusia satu hari.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik dari Sejarah Indonesia Yang Jarang Diketahui Bagian 2

Perdana Menteri Hebat Wafat di Luar Negeri Jadi Pahlawan Nasional

Sutan Sjahrir, Perdana Menteri RI pertama, menjadi orang Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa dan tidak akan pernah ada yang menandinginya.

Waktu beliau wafat pada 1966 di Zurich, Swiss, statusnya sebagai tahanan politik. Tetapi waktu dimakamkan di Jakarta beberapa hari kemudian, statusnya berubah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Indonesia Masuk Piala Dunia Atas Nama Hindia Belanda

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling digemari di Indonesia, namun tim nasionalnya tidak pernah menang Piala Dunia FIFA.

Hanya sekali tampil pada 1938, itu pun bukan membawa bendera Indonesia, melainkan Hindia Belanda.

Meskipun Indonesia memiliki jumlah penduduk paling banyak ke-4 di dunia dan Brazil di urutan ke-5, namun prestasi sepakbola kedua negara tersebut berbeda jauh.

Negara Satu-satunya yang Pernah Keluar dan Masuk Lagi di PBB

Sampai tulisan ini dibuat, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB dan kemudian bergabung kembali.

Bergabung pertama kali tahun 1950 sebagai anggota ke-60 PBB, kemudian Indonesia menarik keanggotaannya pada tahun 1965.

Soekarno, Presiden Indonesia saat itu sangat berang dengan keputusan PBB mengakui kedaulatan Malaysia dan menjadikan Malaysia anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Lalu kemudian Soekarno mendirikan Conefo (Konferensi Negara-Negara Kekuatan Baru) sebagai tandingan PBB.

Sebelum keluar dari PBB, Soekarno sempat menyampaikan pidato dengan berapi-api di Sidang Umum PBB yang isinya meminta agar badan dunia tersebut dipindahkan markas besarnya ke luar Amerika Serikat.

Namun pada 28 September 1966 Indonesia kembali menjadi anggota PBB. Keputusan itu diambil karena pemerintah sadar bahwa banyak manfaat dengan menjadi anggota PBB.

Related posts