4 Pembagian Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

prasejarah

4 Pembagian Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi – Keberadaan kita di bumi baru sebentar. Manusia baru ada beberapa ratus ribu tahun belakangan. Sementara bumi sudah berusia 4,5 miliar tahun. Sebelum manusia modern muncul, bumi masih bergejolak dengan bentuk dan cuaca yang jauh berbeda dari sekarang.

zaman

Dikutip dari Ensiklopedia Zaman Prasejarah (2010), secara sederhana, periode geologi pembentukan bumi bisa dibagi atas empat zaman. Masing-masing zaman memiliki cirinya sendiri. Berikut pembagian periode geologi:

Arkean

Zaman tertua yang ada di bumi secara geologis yaitu Archaeikum. Zaman ini Berlangsung sekitar 2.500 juta tahun lalu. Saat itu, kulit bumi masih sangat panas. Tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Paleozoikum

Zaman hidup tua. Zaman ini ditandai dengan turunnya temperatur bumi. Oksigen mulai banyak dan memenuhi bumi. Bumi yang mendingin memungkinkan adanya kehidupan. Kehidupan pertama berawal di laut yang lebih dingin. Binatang-binatang bersel satu tanpa tulang yang disebut prokariot lahir. Kemudian berevolusi menjadi ikan yang bertulang. Seiring dengan semakin dinginnya temperatur bumi, makhluk yang ada di laut naik ke dataran meski masih tinggal di perairan. Mereka disebut amfibi. Di daratan muncul juga reptil.

Dengan adanya kehidupan, zaman palaeozoikum disebut sebagai zaman primer.

Mesozoikum

Zaman ini ditandai dengan temperatur yang terus menurun dan memungkinkan makhluk hidup makin berkembang. Jumlah ikan amfibi dan reptil makin banyak. Jumlahnya besar-besar. Fosilnya kini kita temukan di berbagai belahan dunia. Di zaman ini hidup pula dinosaurus yang mendominasi bumi. Banyak juga burung dan binatang menyusui yang masih rendah tingkatannya. Zaman ini diperkirakan berlangsung 140 juta tahun lamanya. Sebagian besar dari fauna atau hewan zaman mesozoikum ini terdiri atas reptil.

Neozoikum atau Kainozoikum

Artinya zaman kehidupan baru. Berlangsung sejak kira-kira 60 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini, binatang menyusui mulai berkembang. Zaman ini terbagi lagi menjadi dua yakni:

Zaman Tersier

Binatang-binatang menyusui berkembang sepenuhnya. Reptil raksasa makin lama makin hilang. Kera sudah banyak dan beberapa jenis manusia purba sudah ada.

Baca Juga : Lukisan Terpopuler Dalam Sejarah

Zaman Kuartier

Zaman ini merupakan zaman yang terpenting karena nenek moyang manusia sudah ada. Seperti binatang lainnya, manusia juga berevolusi. Zaman kuartier dibagi lagi menjadi dua periode yakni:

  • Dilivium atau Pleistosen

Zaman diluvium atau zaman pleistosen disebut juga zaman es. Karena saat itu es di kutub meluas. Sebagian besar benua Asia, Amerika, dan Eropa tertutup es. Dinginnya suhu bumi disebabkan perubahan temperatur bumi yang tidak stabil. Suhu bisa sangat dingin sehingga es sangat banyak. Ini menyebabkan permukaan laut menurun. Namun jika suhu memanas, es mencair. Daerah yang tertutup es itu menjadi perairan, atau air laut naik.

Masa berubah-ubahnya temperatur ini disebut dengan masa interglasial. Interglasial terus terjadi berulang-ulang. Diperkirakan masa ini bertahan hingga 600.000 tahun.

  • Alluvium atau Holosen

Adapun zaman alluvium berlangsung 20.000 tahun sampai sekarang. Bagian akhir masa ini merupakan saat terpenting. Karena di akhir alluvium lahir Homo sapiens, atau spesies manusia yang cerdas. Dengan demikian, manusia bisa membangun peradaban dan mengalami kemajuan hingga saat ini.

Nah itu dia pembagian zaman prasejarah, semoga artikel ini membantu

Related posts