Daftar Kerajaan Islam Paling Berpengaruh di Indonesia

Daftar Kerajaan Islam Paling Berpengaruh di Indonesia

Daftar Kerajaan Islam Paling Berpengaruh di Indonesia – Seperti yang kita semua ketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara Bhineka Tunggal Ika yang berbeda-beda tetapi tetap satu. Dengan beragamnya agama serta tradisi yang ada, menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat. Seiring berkembangnya ajaran agama Islam di wilayah Selat Malaka sejak abad ke-7 atau ke-8 masehi, maka terbentuklah pula Kerajaan Perlak sebagai kerajaan islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini sendiri berdiri sekitar tahun 840 masehi, jauh sebelum didirikannya Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh pada abad ke-13.

Kerajaan Islam di Indonesia yang Paling Berpengaruh

Sejak terbentuknya beberapa kerajaan islam tertua di daerah Sumatera tadi, maka daerah-daerah lain di nusantara juga terdorong untuk mendirikan kerajaan-kerajaan islam lainnya di kawasan Jawa hingga Kalimantan dan Maluku. Adapun beberapa nama kerajaan islam di Indonesia yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan islam nusantara berikut ini perlu untuk kamu ketahui.

Kerajaan Perlak atau Peureulak
Seperti yang sudah disebutkan tadi, kerajaan Perlak merupakan kerajaan islam tertua di Indonesia sebelum terbentuknya Samudera Pasai. Mengutip dari (Praktik Ekonomi dan Keuangan Syariah oleh Kerajaan Islam di Indonesia) (Solikin M. Juhro) (2021: 41) kerajaan ini sendiri pertama kali dipimpin oleh Sultan Alaidin Syed Maulana Abdul Aziz Shah. Letaknya yang strategis di Selat Malaka (Jalur Sutra) menjadikan kawasan ini cukup dikenal luas. Sering berjalannya waktu, keberadaan kerajaan Perlak ini menjadi cikal bakal yang mendorong terbentuknya kerajaan islam lain seperti Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh.

Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh
Kerajaan Samudera Pasai berdiri pada awal abad ke-13 masehi atau sekitar tahun 1267 di pesisir pantai utara Sumatera. Pada masa kepemimpinan Sultan Malikul Zhahir (1297-1326), kerajaan satu ini berhasil tumbuh menjadi pusat perdagangan internasional sebagai ekportir komoditas lada. Selain kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Aceh juga berperan besar dalam memperluas wilayah kekuasaannya hampir keseluruh wilayah Sumatera, Johor, Pahang dan Kedah.

Baca Juga : Sejarah Perang Terbesar yang Terjadi di Indonesia

Kerajaan Demak
Kerajaan Demak merupakan kerajaan bercorak islam pertama yang berdiri di pulau Jawa dengan kepemimpinan Raden Patah pada 1500-an. Kerajaan Demak sendiri mulai mandapat kejayaan sejak berhasil memperbesar daerah kekuasaanya pada wilayah Jawa Barat (Banten, Jayakarta, Cirebon), Jawa Tengah dan sebagian kawasan Jawa Timur di bawah pimpinan Sultan Trenggono.

Kerajaan Ternate
Kerajaan Ternate di kawasan timur Indonesia termasuk kerajaan bercorak islam yang cukup berpengaruh. Di bawah kepemimpinan Sultan Baabullah, kerajaan ini sendiri berhasil mengusir para penjajah Portugis dan Spanyol dari tanah Maluku. Kerjaan ini disebut telah berdiri sejak tahun 1465 masehi.

Kerajaan Banjar
Kerajaan Banjar berdiri sekitar tahun 1520 di daerah Kalimantan Selatan. Kerajaan yang pertama kali dipimpin oleh Raden Samudera ini sendiri termasuk kerajaan besar yang memiliki banyak pengaruh keislaman terhadap daerah-daerah lain di sekitarnya. Bahkan kerajaan satu ini juga berhasil melahirkan banyak ulama besar dan terkenal.

Related posts