Kisah Sejarah Peradaban Sebelum Masehi Di Indonesia

Kisah-Sejarah-Peradaban-Sebelum-Masehi-Di-Indonesia

Peradaban di Kepulauan Indonesia Ini pada Zaman “Sebelum Masehi” itu masih buram/perlu penelitian lebih lanjut oleh para Sejarawan. Bisa dikatakan pada zaman itu Nusantara belum punya Sejarah dikarenakan bukti Heuristik-nya (Salah Satu bagian penting dalam Metode Sejarah) belum Jelas pula. Namun Jika dilihat dari beberapa “Isu” atau “Cerita Rakyat” tanpa menggunakan Metode Sejarah yang cukup.

Bisa dikatakan ini adalah sejarah yang belum Jelas. Tetapi Menurut Saya, Bahwa Peradaban pada SM di Nusantara itu sebenarnya ada. Hanya belum ada bukti yang menguatkan itu untuk Dijadikan sebuah cerita Sejarah yang sesuai dengan kaidah / metode sejarah itu sendiri.

Salah Satu Hal Penting dalam Penelitian Sejarah adalah menggunakan “Metode” itulah yang menjadi Ciri Khas dalam Ilmu Sejarah.

Metode tersebut seperti :

  • Heuristik (Pengumpulan Sumber Sejarah)
  • Kritik (Analisis Sumber Sejarah)
  • Interpretasi (Penafsiran Sumber Sejarah)
  • Historiografi (Penulisan Sejarah)
  • Lebih Lanjut bisa dilihat dalam bukunya Pak Kuntowijoyo dengan Judul “Pengantar Ilmu Sejarah” atau referensi lain yang berkaitan dengan Metode Sejarah.

Metode tersebut menjadi dasar Sejarah dalam menentukan Sejarah itu sendiri. Belum lagi terkait hal subjektivitas dan objektifitas sejarah.

Nah, kembali dalam penentuan Sejarah pada Masa yang sangat lama, bahkan sebelum sejarah itu ada. Seperti “Sebelum Masehi” di kepulauan Indonesia. Bagaimana Caranya ??

Mungkin, Beberapa orang berfikir itu jadi “Prasejarah”.

Bisa juga Ya, bisa juga tidak.

Kenapa bisa seperti itu ?

Jika dilihat dalam Sejarah, bisa dikatakan Indonesia baru memiliki “Sejarah” / “Catatan Sejarah” dalam Sumber Primer (Yang Resmi) paling Tua. Pada Kerajaan Kutai Martadipura, dengan Prasasti Yupa nya sebagai bukti sejarah yang harus dilestarikan. Sedangkan disaat yang sama dibelahan dunia lain, Sejarah sudah ada jauh lebih lama dari kita seperti Mesir, China, India, hingga di Eropa. Sedangkan di Indonesia Sejarah kita baru dimulai dari Prasasti Yupa itu.

Yup, dari situ. Karena disitu ada bukti jelas bahwa terdapat telah kerajaan yang pernah berdiri dan itupun membutuhkan penelitian cukup sulit bagi para sejarawan untuk melakukan Heuristik-nya belum lagi Kritik Sejarah yang ada. Tentu itu membutuhkan sesuatu yang harus dipikirkan juga.

Nah, lalu apakah ada peradaban yang (Konon) lebih tua dari Kerajaan Kutai Martadipura??

Baca Juga :Kisah Sejarah Resiproksitas Subjek dan Objek

Hmm…, ini jawaban yang cukup sulit juga ya

Sebagai Mahasiswa Sejarah, Saya juga pernah menanyakan hal ini juga pada Sejarawan yang juga Dosen Saya, Dan ia mengatakan bahwa pada hakikatnya Sejarah pada “Sebelum Masehi” di Indonesia itu belum ada alias masih Prasejarah karena di Indonesia masih belum mengenal Tulisan. Ya, bisa dikatakan mungkin tulisan tertua itu ya ada di prasasti Yupa itu, mungkin…

Tapi, jika dilihat walaupun masih buram dan samar-samar ada beberapa desas-desus yang menceritakan bahwa telah terdapat Kerajaan yang lebih tua dari Kutai Martadipura.

Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Salakanegara yang ada di Pulau Jawa bagian Barat. Inilah yang konon membuat awal peradaban kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa hingga saat ini. Kerajaan tersebut disebutkan memiliki Leluhur bernama Aki Tirem menjadi Legenda pada Sejarah Tanah Sunda dan Jawa. Kerajaan ini diduga telah ada pada sekitar abad ke-1 Masehi jauh lebih tua dari Kerajaan Kutai yang berdiri sekitar abad ke-4 Masehi.

salaka

Namun Sejarah dalam Materi Kerajaan tersebut masih dalam penelitian dan Penyelidikan lebih lanjut dikarenakan bukti Heuristik-nya masih sangat kurang sehingga tidak bisa dijadikan rujukan / patokan Sejarah bahwa telah terdapat kerajaan tersebut atau kerajaan tersebut benar-benar ada. Masih banyak pula yang meperdebatkan eksistensi kerajaan Salakanegara tertuama dari kalangan Kritikus Sejarah. Hal inilah yang menjadikan Sejarah pada Kerajaan Salakanegara belum tepat dijadikan Sejarah, mungkin masih menjadi Cerita Rakyat / Fiksi tapi mungkin suatu saat Sejarah Kerajaan tersebut bisa diangkat kembali dan dijadikan yang paling tua dan menjadi Fakta Sejarah.

Karena menurut saya Kerajaan Salakanegara lah yang menjadi salah satu kandidat untuk menjadi kerajaan tertua di Indonesia menggantikan kerajaan Kutai Martadipura di Kalimantan.

Lalu, apakah ada Kerajaan yang lebih Tua lagi dari Kerajaan Kutai dan Kerajaan Salakanegara ??

Hmm, tentu ada namun ini sepertinya di luar konteks dari Sejarah atau bisa dikatakan masih Mitos. Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Kandis di Pulau Sumatera bagian tengah, tepatnya di daerah yang kita kenal sekarang sebagai Riau, disitu juga terdapat wilayah yang bernama Kandis. Mungkin ada hubungannya dengan kerajaan ini, namun itu masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

Nah, Kerajaan Kandis ini konon berdiri pada abad 1 SM. Disitu udah ada tuh “SM” nya berarti di Indonesia sudah ada peradaban dong??

Eits, tunggu dulu itu baru teori yang masih samar dan belum jelas bahkan cuma “Mitos”

Ya, dikarenakan itu belum ada bukti jelas bahwa kerajaan Kandis itu ada atau mungkin hanya cerita yang dibuat saja oleh orang. Selain bukti peninggalan juga belum ada di daerah yang konon menjadi tempat kerajaan Kandis itu. Bisa dikatakan itu hanyalah Pseudohistory yang masih diluar dari metode / kaidah Ilmu Pengetahuan khususnya dalam Ilmu Sejarah. Tapi ada peluang mungkin sejarah Kerajaan tersebut benar – benar ada. Dan dapat dijadikan Fakta Sejarah. Itu dikembalikan lagi pada bukti sejarah yang terkait dengan Kerajaan Kandis itu sendiri.

Selain itu juga ada beberapa Kerajaan yang lain bahkan jauh lebih tua dari dua kerajaan yang saya jelaskan diatas seperti Langkasuka, Sunda Nusantara, Caringin Kurung, Kuta Tembaga, Harathanus, Hiranyapura, Skala Brak, Melayu Tua, Barus, Tanjung Putri, Ophir, Kebudayaan Sundaland, hingga Peradaban Lemuria. dsb.

Dan menurut saya hanya itu kerajaan dan Peradaban yang saya tahu dan saya pikir pantas menjadi yang tertua bahkan sebelum Masehi di Kepulauan Indonesia ini.

Related posts