Lukisan Terpopuler Dalam Sejarah

Lukisan Terpopuler Dalam Sejarah

Lukisan Terpopuler Dalam Sejarah – Lukisan menjadi salah satu benda yang banyak menyimpan sejarah-sejarah yang penting terlebih lukisan-lukisan populer yang memiliki banyak peminat.

Di dunia ini, ada banyak seniman yang produktif menghasilkan lukisan. Ada yang dilelang dengan harga tinggi, ada yang disimpan di museum, ada pula yang dijadikan koleksi pribadi.

Namun, hanya sedikit lukisan yang http://162.214.117.184/ sangat tenar dan dikenal hampir semua orang di dunia. Lukisan apa saja itu, disimpan di mana, dan bagaimana kisah di baliknya?

1. The Last Supper

Lukisan ini diciptakan oleh Leonardo da Vinci antara tahun 1495-1498. Kamu bisa melihatnya langsung di Santa Maria delle Grazie, Milan, Italia.

Lukisan The Last Supper atau Perjamuan Terakhir menggambarkan kali terakhir Yesus memecahkan roti bersama murid-muridNya sebelum penyalibanNya. Ukuran lukisan ini sangat besar dengan tinggi 4,6 meter dan lebar 8,8 meter.

Fakta menarik lainnya adalah lukisan ini selamat dari dua ancaman di masa perang. Salah satu contohnya, dinding ruangan lukisan itu pernah dijadikan sebagai tempat latihan sasaran oleh pasukan Napoleon.

2. Mona Lisa

Siapa yang tidak kenal lukisan Mona Lisa? Ini adalah mahakarya Leonardo da Vinci, yang dibuat antara tahun 1503-1519. Kamu bisa menjumpainya di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Lukisan ini terkenal karena menampilkan sesosok wanita dengan senyum misterius dan penuh teka-teki. Banyak spekulasi beredar mengenai sosok dalam lukisan tersebut. Diperkirakan, sosok itu adalah Lisa Gherardini, istri Florence Francesco del Giocondo.

Yang menarik, sebelum abad ke-20, lukisan Mona Lisa tidak terlalu dikenal di luar lingkungan seni. Namun, di tahun 1911, seorang mantan karyawan Louvre mencuri lukisan itu dan menyembunyikannya selama dua tahun. Tak diduga, justru ini membuatnya terkenal!

3. Creation of Adam

Selanjutnya adalah lukisan “Creation of Adam” yang diciptakan oleh Michelangelo antara tahun 1508-1512. Lukisan dengan tinggi 2,8 meter dan lebar 5,7 meter ini bisa ditemui di Kapel Sistina, Vatikan.

Bisa dibilang, ini adalah karya Michelangelo yang paling terkenal. Lukisan ini menggambarkan Tuhan dan Adam dengan jari-jari tangan yang hampir bersentuhan.

Makna implisit dari lukisan ini adalah Tuhan dapat diakses, disentuh, dan dekat dengan ciptaanNya. Tuhan digambarkan sebagai sosok tua dengan rambut abu-abu dan jenggot yang panjang. Meski begitu, tubuhnya tetap terlihat kekar, maskulin, dan awet muda.

4. Girl with a Pearl Earring

Lukisan karya Johannes Vermeer ini sering dibandingkan dengan “Mona Lisa”. Dibuat pada tahun 1665, kamu bisa menengok lukisan ini di Mauritshuis, Den Haag, Belanda.

Sejatinya, lukisan ini bukanlah potret, melainkan ‘tronie’. Ini adalah istilah dalam bahasa Belanda yang memiliki arti lukisan sosok imajiner dengan fitur yang berlebihan.

Sepintas, lukisan ini terlihat simpel. Menggambarkan sesosok gadis yang mengenakan turban biru dan emas serta anting mutiara besar dengan latar belakang gelap. FYI, lukisan ini pernah dipamerkan di Amerika Serikat, Italia, dan Jepang!

Related posts