Olahan Makanan Zaman Kerajaan Sebelum Masehi

Olahan Makanan Zaman Kerajaan

Olahan Makanan Zaman Kerajaan Sebelum Masehi – Kali ini kita akan membahas Olahan Makanan  yang tersedia pada Zaman Kerajaan  sebelum Masehi,Ternyata  di Zaman tersebut  pengetahuan akan olahan makanan sudah beragam, namun olahan makanan yang dibuat di zaman ini diantaranya masih eksis dan di sukai sampai jaman sekarang loh,biar gak penasaran inilah Daftar olahan makanan  yang menjadi menu masyarakat indonesia pada saat itu :

1.Sagu

Ternyata bukan beras yang menjadi makanan pokok Indonesia di zaman kerajaan, melainkan sagu. Hal ini disampiakan oleh peneliti sagu Indonesia, Prof. Nadirman Haska setelah melihat bukti relief di Candi Borobudur yang menyebutkan palma kehidupan adalah nyiur, lontar, aren dan sagu.

2.Dendeng

Daging yang dipotong tipis-tipis seperti lembaran lalu diberi bumbu ini ternyata sudah eksis sejak tahun 901 Masehi. Hal itu ditunjukkan di Prasasti Taji dari Kerajaan Medang.

3.Olahan dari Daging

Raja-raja zaman dulu suka sekali mengkonsumsi berbagai macam olahan daging. Mulai dari daging kerbau, lembu, kambing, kijang dan lain-lain. Biasanya olahan daging tersebut disajikan dengan umbi-umbian, jagung dan sayur.

4.Wajik

Wajik termasuk dalam camilan zaman Kerajaan Majapahit. Hal ini tertulis dalam kitab Nawa Ruci. Wajik sendiri merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan yang kemudian dimasak dengan gula merah hingga mengental berwarna kecoklatan.

5.Jadah

Selain wajik, jajanan tradisional di era kerajaan Majapahit adalah jadah. Sama-sama terbuat dari ketan jadah dibuat seperti lempengan berwarna putih. Di era seperti sekarang masih ada jadah dan yang terkenal adalah jadah tempe dari Yogyakarta.

Baca juga :

 

6.Pecel

Dalam kitab Ramayana diceritakan keberadaan makanan khas Madiun ini. Banyaknya sayuran yang tumbuh subur seperti kangkung, bayam, taoge, kubis membuatnya kemudian diolah menjadi sebuah makanan sederhana dengan tambahan sambal kacang di atasnya.

7.Rawon

Hidangan berupa kuah hitam dengan isian tauge dan daging sapi ini ternyata sudah populer sejak dulu. Salah satu bumbu dasarnya biji kluwak mudah ditemukan di era kerajaan. Hal ini disebutkan dalam kitab Bomakawya dari Kerajaan Kediri.

8.Dawet

Dalam kitab Kresnayana zaman Kerajaan Kediri, disebutkan bahwa minuman favorit orang dulu adalah dawet. Dawet merupakan air gula merah yang dicampur dengan santan kelapa dan butiran kenyal dari tepung beras.

Nah apakah ada yang kamu suka dari menu olahan di atas? Pasti ada yang membuat kamu ketagihan kan.

 

Related posts