Pra Sejarah

Pra Sejarah

Pra sejarah

Prasejarah merupakan suatu masa dalam kehidupan manusia di dunia ini. Pada masa pra sejarah, manusia masih belum mengenal tulisan, budaya, adat, tata karma, sopan santun sampai kehidupan manusia masih tergantung dari alam luar atau alam bebas.

Dalam konsep dasar prasejarah, tulisan dan budaya yang merupakan batas yang memperjelas suatu masa.  Manusia berada di masa pra sejarah atau sejarah. Lalu muncul pertanyaan apakah masarakat suku pedalaman termasuk golongan manusia prasejarah. Jawabanya benar namun dari segi manusia secara umum sudah masuk zaman sejarah karena mayoritas manusia sudah mengenal tulisan.

Zaman pra sejarah dalam kehidupan manusia sudah berahir sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Karena waktu itu orang mesir sudah mengenal tulisan yang di sebut hiroglif (tulisan bergambar atau lambang). Namun di indonesia masarakatnya baru mengenal tulisan setelah adanya hubungan dagang dengan cina dan india pada awal abad masehi. Yang kita kenal dengan huruf palawa.

Zaman pra sejarah dapat di kelompokkan yaitu

  • Berdasarkan ilmu geologi (ilmu yang mebahas tentang lapisan bumi). Berdasarkan geologi zaman prasejarah di mulai semenjak zaman quarter sekitar  2.5000 tahun yang lalu hal ini berpatokan terhadap masa mulai adanya manusia di bumi. Sampai manusia mengenal tulisan sekitar 6000 tahun yang lalu
  • Berdasarkan arkeologi  (ilmu yang menbahas tentang umur benda dam kebudayaan lama) berdasarkan ilmu arkeologi zaman prasejarah di kelompokkan menjadi dua yaitu:
  1. Zaman batu,yaitu di mana kehidupan manusia masih sangat premitif dan menpergunakan peralatan dari batu. Seperti kapak lonjong,dll.sedangkan zaman batu di bedakan empat     tingkatan berdasarkan jenis alat,ukuran dan tinkat kualitas batu yang di gunakan yaitu :paleo litikum (zaman batu tua),mesolitikikum (zaman batu tengah),neolitikum (zaman batu muda) dan megalitikum (zaman batu besar)
  2. Zaman logam yaitu zaman dimana manusia sudah manpu membuat barang kebutuhan dalam hidupnya dari logam,terutama tembaga,perunggu dan besi. Misal nekara dl

Pola kehidupan manusia pra sejarah

Berdasarkan pola kehidupan yaitu kehidupan masa prasejarah di lihat dari pola kehidupan mereka. Misalnya berburu dan mengumpulkan makanan,bercocok tanam dan perundagian. Berdasarkan pola kehidupan pra sejarah dapat di kelompokkkan menjadi tiga yaitu:

  1. Zaman berburu dan mengupulkan makanan ,pada masa ini manusia sangat tergantung pada alam dan peralatan yang di gunakan dalam berburu masih sangat sederhana dan kasar.Misalnya kapa perimbas,alat serpih,alat dari tulang. Kehidupan mereka berpindah-pindah tergantung persediaan makanan dari alam. Makanya banyak mereka yang hidup di sekitar muara sungai dan pinggir laut.
  2. Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut pada masa ini manusia masih berburu dan mengumpulkan makanan namun sudah mulai menetap seperti di gua-gua dan mulai bercocok tanam dan sudah ada pembagian tugas di mana laki-laki berburu dan perempuannya meramu (mengumpulkan dedaunan dan hewan-hewan kecil)
  3. Zaman perundagian pada masa ini ini manusia sudah menetap dan bisa menbuat tempat tinggal sederhana sehingga memunkinkan mereka untuk menghasilkan karya (kebudayaan). Sudah mulai ada tata kehidupan sosial di mana mereka di pimpin oleh seorang pemimpin.

Dengan demikian dapat kita pahami bahwa prasejah berkaitan juga dengan kebudayaan manusia di mana kebudayaan manusia pra sejarah masih sangat rendah dalam beberapa hal di bandingkan dengan manusia modren seperti kita.

BACA JUGA :

Related posts