Sejarah Penemuan Piano

Sejarah Penemuan Piano

sejarahindonesia.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Sejarah Penemuan Piano.Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Sejarah Penemuan Piano

Penemu Piano Berasal dari Italia
Penemu piano bernama Bartolomeo Cristofori, orang Italia yang lahir pada 4 Mei 1655 dan wafat pada tahun 1731. Sebelum menemukan piano, Cristofori bekerja untuk Nikolo Amati, seorang pembuat biola yang terkenal di Italia. Lalu di usianya yang ke-33 tahun, Cristofori bekerja untuk bangsawan besar Italia, Prince Ferdinando de Medici.

Piano Pertama di Tahun 1720
Saat Cristofori bekerja untuk Prince Ferdinando de Medici, ia mendapatkan ide untuk menciptakan piano yang bisa menggabungkan antara keindahan dan kekuatan nada. Alat musik ini nantinya diharapkan dapat dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama pelan, cepat, atau pun keras.Dengan dukungan Prince Ferdinando de Medici, sejak tahun 1700 Cristofori pun mulai merancang alat musik yang diinginkannya itu. Lalu di tahun 1720, Cristofori berhasil menyelesaikan dan merealisasikan idenya untuk membuat piano.

Banyak yang kagum setelah melihat hasil karyanya, salah satunya adalah seorang jurnalis Italia bernama Scipione Maffei. Ia menyebut alat musik ciptaan Cristofori itu dengan nama gravicembalo col piano e forte. Artinya adalah sebuah tali harpsichord dengan papan tuts yang lembut dan menghasilkan alunan nada yang kerasKarena sebutannya terlalu panjang, maka disingkat menjadi pianoforte. Namun, nama itu masih saja dirasa terlalu panjang, hingga akhirnya disebut dengan piano. Nama inilah yang masih dipakai sampai sekarang untuk menyebutkan alat musik tersebut.

Alat Ciptaan Cristofori yang Terbaik pada Masanya
Ternyata selain Cristofori, ada banyak pembuat instrumen lainnya yang berusaha menciptakan alat dari tali harpsichord. Tapi pada akhirnya, alat musik piano ciptaan Cristoforilah yang paling baik jika dibandingkan dengan alat musik ciptaan yang lain.

Populer Sejak 1731
Awalnya piano tidak populer seperti sekarang karena dirasa sulit memainkannya. Namun lama kelamaan waktu membuktikan bahwa instrumen ini ternyata bisa populer pada tahun 1731. Bahkan piano menjadi alat musik berkelas hingga saat ini.

Baca Juga : Sejarah Penemuan Gitar Di Dunia

Leluhur Piano adalah sebuah Instrumen Monochord
Instrumen dapat dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan bagaimana cara ketiganya menghasilkan suara. Ketiga kategori tersebut adalah instrumen petikan senar, wind instruments (alat tiup), dan instrumen perkusi. Pendahulu piano dapat ditelusuri kembali melalui berbagai instrumen seperti clavichord, piano, dan dulcimer. Tapi jika ditelusuri kembali lebih jauh, orang akan menemukan bahwa piano adalah keturunan dari monochord. Dengan kata lain, berdasarkan keturunannya piano dapat diklasifikasikan sebagai alat musik petikan senar.

Awal mula piano
Piano yang Memiliki Mekanisme Sama seperti Dulcimer
Meskipun piano dapat diklasifikasikan sebagai instrumen petikan senar karena fakta bahwa suara berasal dari getaran senar, dapat juga diklasifikasikan sebagai instrumen perkusi karena hammer (pemukul) memukul senar tersebut. Dalam cara ini mirip dengan dulcimer.Dulcimer adalah alat yang berasal di Timur Tengah dan menyebar ke Eropa pada abad ke-11. Memiliki fitur sebuah kotak resonansi sederhana dengan senar membentang di atasnya. Sangat mirip dengan piano, hammer (pemukul) kecil digunakan untuk memukul senar, itulah mengapa dulcimer dianggap nenek moyang langsung dari piano.

Clavichord, Langkah Besar Menuju Piano
Piano juga dianggap sebagai bagian dari rumpun keyboard. Sejarah alat dengan keyboard apabila ditarik jauh ke belakang berasal dari organ, yang mengirimkan semburan udara melalui pipa untuk membuat suara. Pengrajin memperbaiki organ untuk mengembangkan instrumen yang selangkah lebih dekat menuju piano, yaitu clavichord.Clavichord pertama kali muncul di abad ke-14 dan menjadi populer selama Era Renaissance. Menekan tuts akan mengirim batang kuningan, disebut tangent (garis singgung), untuk memukul string dan menyebabkan getaran yang memancarkan suara pada rentang empat sampai lima oktaf.

Piano Terlihat Seperti Harpsichord
Diciptakan di Italia sekitar tahun 1500, harpsichord kemudian menyebar ke Perancis, Jerman, Flanders, dan Inggris. Ketika tuts ditekan, plectrum yang menempel pada sebilah kayu tipis yang panjang disebut jack memetik senar untuk menghasilkan musik.Sistem petikan senar dan papan suara ini, serta struktur keseluruhan instrumen menyerupai petikan senar dan papan suara yang dapat ditemukan di sebuah piano.

Cristofori, Pencipta Piano Pertama
Piano diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori (1655-1731) dari Italia
Cristofori tidak puas dengan kurangnya kontrol oleh musisi yang di atas tingkat volume harpsichord. Dia dihargai karena merubah mekanisme petikan menjadi pukulan dengan hammer dalam menciptakan piano modern di tahun 1709.Instrumen ini sebenarnya pertama kali bernama “clavicembalo col piano e forte” (secara harfiah berarti, harpsichord yang dapat memainkan suara lembut dan keras). Hal ini disingkat dengan nama umum sekarang, “piano.”

Related posts