Sejarah Smartphone Di Indonesia

Sejarah Smartphone Di Indonesia

sejarahindonesia.web.id Smartphone adalah salah satu atribut wajib yang harus ada di setiap tangan netizen Indonesia. Bayangkan jika merk-merk tersebut tidak mengeluarkan brand mereka. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Smartphone bersejarah ini

1. Nokia Komunikator
Smartphone pertama yang ada di Indonesia adalah jenis komunikator yang diproduksi oleh Nokia. Kebanyakan Nokia komunikator ini digunakan oleh para eksekutif. **Nokia Komunikator ini mulai digunakan pada awal tahun 2000-an.

2. PDA Phone
Memang jarang ada orang Indonesia yang memiliki smartphone PDA Phone ini. Namun, pada sekitar tahun 2005, PDA Phone Sering digunakan oleh para eksekutif yang selalu sibuk dengan pekerjaannya. PDA Phone ini memiliki sistem operasi Windows Phone.

3. Nokia Symbian
Nokia Symbian merupakan smartphone yang sangat terkenal di zamannya. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa Nokia Symbian ini merupakan smartphone. Banyak sekali model dari Nokia Symbian ini, seperti Nokia 3650, 6600, N-Gage, N70, dan lainnya. Nokia Symbian banyak memiliki fitur, seperti multitasking, bermain game, internet, musik player, perekam video, bahkan mengedit file Microsoft Word. Nokia Symbian ini mulai terkenal sekitar tahun 2005 hingga awal 2010-an.

Baca Juga : Sejarah Masuknya Internet Ke Indonesia

4. Blackberry
Smartphone yang terkenal dengan aplikasi chatting BlackBerry Messenger atau BBM-nya ini mulai terkenal pada tahun 2009-an. Kepopuleran BlackBerry menggeser Nokia Symbian yang banyak digunakan waktu itu. Fitur-Fitur dan aplikasi dari BlackBerry yang beragam serta paket internet yang terjangkau menjadikan BlackBerry banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Masa kejayaan BlackBerry jatuh sekitar tahun 2013.

5. iPhone
Pada awal kemunculannya, iPhone dirasa sangat eksklusif karena harganya yang sangat mahal. Hingga saat ini pun iPhone dianggap smartphone premium. Meskipun dianggap premium, iPhone saat ini banyak pemakainya. Bahkan kehadiran produk baru iPhone selalu dinanti dan diburu oleh masyarakat Indonesia, meskipun harganya sangat mahal.

6. Android
Sebelum merajai pasar smartphone di Indonesia saat ini, awal kemunculan Android di Indonesia dianggap tidak bisa menyamai kepopuleran BlackBerry pada masa itu. Meskipun belum bisa menyamai kepepuleran BlackBerry, pada masa itu Android **memiliki peminat tersendiri* karena layarnya yang cukup besar dan menggunakan touchscreen.
Semakin berkembangnya Android dan banyaknya merek serta aplikasi yang dapat diinstal, membuat Android semakin populer mengalahkan BlackBerry. Terlebih lagi pada tahun 2013 setelah aplikasi chatting yang hanya dimiliki BlackBerry dapat digunakan di Android, banyak pengguna BlacBerry yang beralih menggunakan Android.

7. Lumia (Windows Mobile)
Setelah Nokia tumbang dengan Symbian-nya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft untuk kembali memproduksi smartphone bersistem operasi Windows Mobile dan diberi nama Nokia Lumia. Sekitar tahun 2015, Nokia Lumia mulai masuk di pasar Indonesia. Meskipun tidak begitu laku di pasar Indonesia, peminat Nokia Lumia tidaklah sedikit. Namun pada akhirnya, Nokia Lumia bersama dengan Windows Phone tidak dapat bertahan lama di pasaran.
Itulah beberapa tahap perkembangan smartphone di Indonesia dari masa ke masa. Sudah begitu lama ya perjalanan smartphone di Indonesia.

Related posts