0 6 min 4 bulan

Sejarah Bali Beserta Peninggalannya Yang Masih Ada

Kerajaan Bali merupakan kerjaan yang bercorak hindu budha yang terletak di pulau bali,kerajaanyang memiliki Sejarah Indonesia panjang dan peninggalan yang masih bisa dilihat hingga kini.

Kerajaan Bali berdiri pada abad ke 10 hingga awal abad ke -20.saat terbentuknya kerajan bali ia berada di bawah dibawah Dinasti Warmadewa.saati itu,agama yang berkembang adalah Budha.

Tak lama kemudian agama hindu mulai masuk ke dalam kerajan tersebut,dan banyak di anut oleh warganya.dahulu pusat kerajan bali terletak di Bedulu,Gianyar.

Akibat letaknya dekat dengan pulau jawa keduanya memiliki kedekatan dalam kebudayan,termasuk ikatan dengan Dinasti ISyana di Jawa Timur.

sejak abad ke-10,masyarakat binaan Warmadewa ini sudah mengenal sistem pertanian.
kerajaan yang ada di bali memusatkan ekonomi dari sektor pertanian.sebagian besar masyarakat dahulu berfokus pada sawah,ladang,dan perkebunan.

Untuk kehidupan sosial kerajan bali htidak luput dari adat istiadat yang sudah tertanam sejak dulu.bahkan hingga sekarang masih di gunakan dan di lestarikan oleh masyarakat bali.

adat dan istiadat Bali hampir sama dengan masyarakatHo-Ling (kalingga yang mengikuti Hindu-Budha.contoh besar tradisi yang masih digunakan hingga saat ini ialah Ngaben.dimana jenasah yang di arak lalu dibakar hingga menjadi abu.

pada jaman dahulu proses ngaben memakan waktu cukup lama,namun dengan campur tangan teknologi maka dalam pembakaran jenasah tidak membutuhkan waktu lama.karena kebanyakan sekarang ketika membakar jenasah menggunakan gas.

Raja Kerajaan Bali terkenal kebanyakan Dari Kerajaan Warmadewa.

  • Sri Kesari Warmadewa (882-914 M)
  • Raja Udayana (989-1011 M)
  • Marakarta Pangkaja (1011-1022 M)
  • Anak Wungsu (1049-1077M)
  • Paduka Sri Maharaja Sri Jayasakti (1133-1150M)
  • Sri Astatura Ratnabhumubanten (1337-1343M)
  • Untuk jejak peninggalan yang masih bisa anda jumpai hingga saat ini ialaha

Prasasti Blanjong

prasasti blanjong adalah peninggalan kekaisaran bali yang isinya memuat tentang pesan berbahasa bali dibuat oleh sri warmadewa.prasasti ini ditemukan di sanur kauh.

Prasasti Panglapuan

prasasti ini menceritakan tentang penguasa seperti Udayana,Jayapangus dan Anak Wungsu.

Prasasti Anak Wungsu

Prasasti Anak Wungsu merupakan peninggalan dari Raja Anak Wungsu yang berjumlah 28 buah.Selain prasasti,ada juga goa gajah pura gungung Penulisan,dan pura gunung kawi.

Pura Agung Besakih Pura Agung Besakih merupakan peninggalan kerajan yang menjadi cikal bakal hindu di bali.letak pura ini terletak di karang asem Bali.

Candi Padas

Candi Padas adalah situs purbakala pada masa pemerintah Raja Udayana hingga Raja Anak Wungsu yang letaknya di sungai Pakerisan,gianar Bali.

Baca juga artikel tentang : Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga

Kerajaan/puri yang masih ada di Bali.

Puri sendiri berasal dari bahasa Sansekerta (puri,pura) yang artinya kota benteng atau kota menara atau istana. Di Bali sendiri istilah Pura digunakan sebagai tempat peribadatan.Sedangkan Puri secara khusus digunakan sebagai tempat tinggal para raja dan bangsawan.

Puri Agung Semarapura,klungkung

Puri di Bali yang masih aktif ialah puri agung semarapura atau lebih dekenal dengan Istana klungkung yang berada di kabupaten klungkung.puri ini berdiri sejak abad ke 17

Puri Agung Pacekan,Jembrana

Diawal pusat pemerintahan raja pertama puri oleh I Gusti Made yasa Puri Gede Jembrana dibangun pada abad 17 dan diberikan kepada I gusti Ngurah Jembranan.sekaligus raja pertama yang memerintah kerajaan yang berada di jembarana ini.selain kerajaan pusaka bahkan masyarakatnyapun di berikan kepada I gusti Ngurah Jembranan.

Puri Agung Susut,Bangli

Bangli juga memiliki kerajaan yang berada di desa susut.menurut sejarawan bali kerajaan ini di bangun setelah runtuhnya Majapahit,Setelah Dewa Agung ketut, penguasa Bali dan Lolombok membagi kerajaanya.

Puri Agung Singaraja,Bangli

Puri Agung Singaraja yang di kenal juga sebagai The Royal Palace Of singaraja atau puri agung dibangun pada 30 Maret 1604 oleh raja pertama yaitu Den Bukit,Ki Gusti Anglurah Pandji Sakti.

Raja Den bukit juga dikenal dengan kesaktian dan kecerdasannya ini mampu mempersatukan wilayahnya,dan masyarakatnya pun hidup rukun dan sejahtera.

Puri Agung Gianyar

Dari namanya saja mungkin anda sudah tau bahwa puri ini terletak di desa Gianyar,kerajaan yang lahir pada 1700an.Dengan Raja pertama Dewa Agung MAnggis Atau yang lebih dikenal dengan Dewa Manggis Kuning.

Pada masa kejayannya kerajaan ini memiliki sumber daya alam yang begitu subur sehingga digunakan untuk pusat pertanian bahkan hingga sekerang Gianyar terkenal akan pesona dengan pemandangan dan hamparan sawahnya.

Puri Agung Ubud

Keberadan Puri Ubud Bali juga Puri lain di Bali berawal dari keruntuhan kerajaan Majapahit di pulau Jawa. Banyak Bangsawan Jawa yang berpindah ke pulau Bali.Para bangsawan inilah yang kemudian mendirikan kerjaan.

Kemudian pada abad ke-17 bediri beebrapa kerajaan di pulau Bali, salah satunya adalah kerajaan Ubud.Di Abad yang sama banyak didirikan puri yang digunakan sebagai tempat tinggal para bangsawan.

Puri Agung Ksatria

Puri Agung ksatria Merupakan salah satu puri di Bali peninggalan raja-raja Bali khususnya di daerah Bali Selatan. Puri Agung Denpasar didirikan oleh Kyai Agung Meda Ngurah atau dikenal juga Gusti Ngurah Made pemecutan pada tahun 1788.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *